Apakah Virus HIV/AIDS Dapat Menular Melalui Gigitan Nyamuk?

Posted by alfan munandar Senin, 01 Februari 2010 0 komentar
Adsense Content. recommended 336 X 300

Penyebab Penyakit AIDS adalah Virus yang disebut HIV. Kamu juga mungkin sudah tahu salah satu penularan AIDS adalah dengan berpindahnya Virus HIV pada transfusi darah dan lewat jarum suntik.

http://www.wonogirikab.go.id/pustaka/chikungunya.jpg

Nah, nyamuk yang senantiasa menghisap darah juga memiliki “jarum suntik”kan? lantas, apakah AIDS ini juga bisa menular melalui gigitan nyamuk?

Jawabannya adalah TIDAK. Tapi mengapa demikian? Bukankah nyamuk juga menghisap darah dan bisa juga terjadi darah itu kemudian “berpindah” ke tubuh orang lain yang kemudian digigitnya?

http://www.roshanpakistan.com/web-magzine/Health/imgs/aids-hiv-anatomy.gif

Penjelasan mengapa nyamuk tidak menularkan dan menyebarkan penyakit AIDS adalah :

Virus HIV tidak dapat “hidup” pada tubuh nyamuk. Tidak seperti halnya penyebab malaria dan Demam berdarah yaitu plasmodium (bukan virus lho!) yang merasa cocok “numpang” pada tubuh nyamuk.

Berdasarkan peneilitan, jumlah darah minimal yang dapat “menularkan” AIDS adalah sebesar 0.1 ml, jumlah yang mencukupi “ikut” pada jarum suntik. Sementara “jarum nyamuk” yang demikian halus, tentu tidak membawa darah sebanyak itu.

Sudah jelaskan sekarang mengapa nyamuk yang bisa menularkan berbagai penyakit mengerikan seperti Malaria dan Demam Berdarah, tidaklah bisa menularkan penyakit AIDS.

sumber: http://all-mistery.blogspot.com/2010/01/apakah-virus-hivaids-dapat-menular.html

Adsense Content. bottom of article